11 Penyakit Komplikasi Akibat Obesitas

11 Penyakit Komplikasi Akibat Obesitas,- Kelebihan berat badan atau yang biasa kita kenal dengan obesitas merupakan lemak dalam kadar tinggi yang memberi beban lebih di tulang dan organ dalam tubuh serta resiko adanya penyumbatan di pembuluh darah yang bisa menimbulkan penyakit. Kondisi jangka panjang bisa meningkatkan resiko datanya penyakit komplikasi kronis yang sulit di sembuhkan.

11 Penyakit Komplikasi Akibat Obesitas

Kegemukan atau obesitas merupakan kondisi adanya jaringan lemak berlebih di tubuh.

Kondisi obesitas penyebabnya adalah karena tingginya asupan kalori terutama dari sumber makanan berlemak dan gula tinggi yang tidak diolah menjadi energi melalui aktivitas seperti olahraga. Saat asupan makanan mengandung kalori berlebih, maka tubuh bisa menyimpan kalori berlebih tersebut berbentuk jairngan lemak. Meksi begitu, kondisi obesitas ini sifatnya kompleks, artinya berbagai faktor bisa menjadi pencetus obesitas misal faktor keturunan, pola makan kurang sehat, stres psikologis, mengkonsumsi obat-obatan atau menderita penyakit tertentu juga gaya hidup dan jarang berolahraga.

Cara mengecek kita mengalami obesitas atau tidak adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan rumus berat badan dalam satuan kilogram dibagi tinggi badan dalam satuan meter pangkat dua (BB/TB2).

Bagi penduduk Indonesia, rentang berat badan normal adalah 17,0-23,0 untuk perempuan sedangkan untuk laki laki adalah 18,0-25,0. Nah dikatakan obesitas apabila IMT lebih dari 27,0 bagi perempuan dan laki-laki.

Jika obesitas tidak cepat cepat segera ditangani, maka akan menimbulkan berbagai komplikasi masalah kesehatan.

Secara umum penyakit ini bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhan, bahkan bisa pula memperpendek usia harapan hidup. Tidak sedikit orang yang mengalami obesitas merasakan isolasi sosial, depresi, rasa malu, bersalah hingga rendahnya pencapaian kerja.

Salah satu penyakit yang banyak dikaitkan dengan obesitas misalnya diabetes tipe 2. Karena diabetes tipe 2 ini berhubungan dengan resistensi insulin, saat tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif. Selain diabetes juga ada komplikasi penyakit lain yaitu :

11 Penyakit Komplikasi Akibat Obesitas

Hipertensi merupakan kondisi kronis dimana tekanan darah di dinding arteri (pembuluh darah bersih) bisa meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam”. Penyebabnya bisa karena obesitas/kelebihan berat badan.

Penyakit jantung dalam medis sering disebut juga penyakit jantung koroner merupakan kondisi yang bisa terjadi saat pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpulkan kolesterol di pembuluh darah dan proses peradangan ini pun diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Selanjutnya…

Stroke merupakan kondisi saat pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, akibatnya terjadi kematian sel-sel pada sebagian area otak. Stroke merupakan kondisi kesehatan serius dan membutuhkan penanganan cepat.

Penyakit Kantung Empedu termasuk ke dalam salah satu gangguan empedu. Kantung emepdu ini bermanfaat untuk menyimpan juga mengedarkan empedu dan terdiri dair lemak, kolesterol dan juga cairan tubuh. Empedu digunakan oleh usus kecil dan bermanfaat untuk menguraikan lemak dari makanan yang masuk dalam tubuh, sehingga tubuh pun bisa mendapatkan vitamin dan mineral.

Osteoartritis merupakan salah satu jenis arthritis yang umum terjadi. Kondisi ini bisa menyebabkan sendi sendi terasa sakit dan kaku. Pembengkakan juga bisa terjadi pada sendi sendi tersebut. Sendi yang paling sering mengalami kerusakan adalah tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi lain pun bisa terserang.

Sakit Punggung Bawah Yang Kronis. Back Pain atau sakit punggung bawah merupakan salah satu gejala menyakitkan dan membuat rasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Kondisi ini bisa terjadi akibat mengangkat beban berat secara mendadak, kelebihan berat badan atau mendapatkan cedera ligamen.

Periodontitis adalah infeksi gusi berat yang bisa menyebabkan kerusakan di jaringan luka dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini akan menyebabkan komplikasi yang serius.

Obesitas juga bisa menyebakan komplikasi adanya Infeksi kulit. Belum diketahui secara pasti namun biasanya seperti itu.

Trigliserida Tinggi – Kondisi obesitias pun bisa mempengaruhi tinggginya kadar trigliserida. Trigliserida tinggi bisa menimbulkan beberapa masalah dan menyebabkan penumpukan di bagian tubuh, misal pada dinding pembuluh darah dan juga hati. Selain itu juga bisa menimbulkan masalah lemak jenuh dan tidak jenuh dalam kelompok trigliserida.

Perlemakan hati merupakan kondisi saat lemak dalam organ hati bisa menumpuk hingga lebih dari 5-10% berat total organ tersebut.

Sindrom metabolik merupakan perpaduan hipertensi, kadar gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan kolesterol HDL rendah.

Obesitas atau kelebihan berat badan perlu penanganan yang cepat dan tepat. Jangan tunggu hingga beragam komplikasi terjadi.

Artikel Lainnya :

By List Obat Herbal Di TOKO ACEP

11 Penyakit Komplikasi Akibat Obesitas

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>