Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan

Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan,- Ada banyak sekali sayuran yang direkomendasikan untuk kesehatan mata. Sayuran hijau memiliki kandungan lutein yang baik untuk kesehatan mata. Bayam adalah jenis sayuran yang cukup sering dijumpai dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar karena harganya yang cukup murah dan manfaatnya untuk kesehatan sangat baik sehingga banyak orang yang gemar mengkonsumsinya.

Bayam ini berasal dari Amerika Tropik tetapi hingga saat ini tumbuhan ini tersebar di daerah tropis dan subtropis. Bayam memiliki batang lemah dan berair. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas sengan panjang 5-8cm, ujung tumpul, pangkal runcing, serta warnanya yang hijau, merah atau hijau keputihan.

Kandungan Bayam : Protein, lemak, karbohidat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A,B dan C)

Khasiat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam ini dikenal dapat meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Bayam termasuk ke dalam sayuran berserat yang dapat digunakan untuk memperlancar proses pencernaan. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol darah tinggi, dan menurunkan berat badan. Infus daun bayam 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin, dan hematokrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata. Bagian yang sering digunakan adalah daun dan akarnya yang sering dijadikan sup bayam.

.Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan

Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan

Bayam memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan seperti vitamin, zat besi dan mineral. Bayam termasuk dalam sayuran hijau yang menjadi sumber lutein dan zeaxantin yang dapat menjaga kesehatan mata. Bahkan bayam pun mengandung beta karoten yang bekerja sama dengan lutein dan zeaxantin untuk mencegah kerusakan vitamin A. Jika anda kekurangan nutrisi ini waspadai resiko iritasi, luka, gatal dan bisul yang mengintai. Bayam pun dapat mencegah kebutaan yang disebabkan oleh kerusakan retina akibat kekurangan lutein dan zeaxantin.

Lutein dan karotenoid sangat bermanfaat sekali untuk suplemen makanan baik untuk pencegahan dan perbaikan gangguan penglihatan pada degenerasi makula atau juga untuk membantu mendukung kesehatan penglihatan dan mencegah dari kebutaan. Manusia lahir dengan sejumlah lutein di matanya tetapi tubuh tidak memproduksi itu. Lutein selain ditemukan pada bayam juga ditemukan pada buah-buahan dan sayuran lain termasuk mangga, jagung, ubi jalar, wortel, labu, tomat, kangkung dan sawi.

Makula merupakan daerah retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral. Ini yang paling sensitif terhadap cahaya, bagian dari spektrum yang tampak cahaya juga sinar ultraviolet dapat merusak mata anda. Lutein dapat membantu melindungi terhadap kerusakan ini dengan menyaring cahaya tersebut sebelum merusak makula.

Anda setidaknya membutuhkan 6mg lutein per hari untuk membantu menjaga kesehatan mata secara alami. Tubuh tidak dapat membuat lutein, maka anda perlu terus-menerus menggantinya melalui makanan yang anda konsumsi. Sayuran berdaun gelap seperti bayam atau kangkung adalah sumber yang sangat baik. Tetapi lebih baik anda konsumsi 2 mangkuk bayam mentah setiap hari untuk mendapatkan dosis harian yang direkomendasikan 6mg lutein.

Catatan : Penderita kadar asam urat dan rematik yang tinggi dilarang untuk mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Dalam tubuh purin di metabolisir menjadi asam urat.

Itulah khasiat lutein untuk mencegah kebutaan. Itulah yang bisa kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam Sehat !

Baca Juga : Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder

By : Obat Hidrosefalus

Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan

1 2 3 21