Pesan Obatnya HARI INI, Dapatkan PROMO SPECIAL "Kirim Obat Dulu, Bayarnya Setelah Obat Sampai"

Arsip Bulanan: September 2016

Khasiat Daun Salam Untuk Obat Sakit Mata

Khasiat Daun Salam Untuk Obat Sakit Mata,-  Siapa yang tidak mengenal daun salam, daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap untuk masakan. Daun salam biasa dimasukan pada masakan dalam bentuk kering ataupun segar. Daun salam ini memang merupakan teman ibu-ibu rumah tangga, tetapi salam merupakan tanaman herbal yang ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dan dapat digunakan sebagai tanaman obat.

Uraian Tanaman :

Salam ini bisa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan, atau bisa pula ditanam di sekitar rumah. Tanaman ini bisa ditemukan dari dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 1.800 m dpl. Pohonnya bertajuk rimbun, tingginya mencapai 25 m, dan memiliki akar tunggang, batang bulat, permukaan yang licin. Daun tunggal letaknya berhadapan, bertangkai, dan panjangnya 0,5-1 cm. Helaian daunnya bentuknya pun lonjong hingga elips atau bundar telur sungsang, ujungnya meruncing, pangkal runcing, tepinya rata, panjang hingga 5-15 cm, lebar 3-8 cm, pertualangan menyirip, permukaan atas licin berwarna hijau tua, permukaan bawah warnanya hijau muda. Daunnya bila diremas mengeluarkan harum. Bunganya bunga majemuk tersusun dalam malai yang keluar dari ujung ranting, warnanya pun putih, baunya harum.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis : Daunnya memiliki rasa kelat, wangi. Adstringen. Kandungan kimia : Minyak atsiri (0,05%) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

Khasiat Daun Salam Untuk Obat Sakit Mata

Khasiat Daun Salam Untuk Obat Sakit Mata

Mata adalah pelita kehidupan. Tanpa mata kita tidak akan bisa merasakan nikmatnya hidup ini dengan sempurna. Banyak orang yang sangat berhati-hati sekali perihal dengan mata. Kita yang memiliki mata sempurna bisa melihat sekeliling alam, bisa berinternet ria perlu bersyukur dengan cara menjaga mata. Mata yang sehat di dapat dari gaya hidup dan kehati-hatian dalam merawat. Terkadang mata pun mengalami gangguan kesehatan. Untuk anda yang terlanjur mengalami sakit mata, cobalah menyembuhkannya dengan cara mengusapkan air rebusan daun salam ke mata. Cobalah gunakan cara ini secara rutin hingga mata kembali normal dan sembuh. Kandungan dalam salam dipercaya baik untuk mengobati sakit mata.

Salam terbagi beberapa jenis, tetapi satu-satunya jenis daun salam yang benar adalah jenis laurus nobilis. Dalam daun salam terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, Asam Folat, dan Mineral (tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium). Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari daun salam ini. Membuat air rebusan daun salam pun dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tetapi perlu diingat, daun salam hanya bisa digunakan sekali saja, jangan rebus daun salam beberapa kali karena dapat mengurangi mineral yang ada dalam daun salam.

Daun salam juga dipercaya memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker karena mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan terbukti dapat menahan proliferasi sel kanker serviks. Itulah artikel mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan mata. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Baca Juga : Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Daun Salam Untuk Obat Sakit Mata

Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga

Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga,- Pisang siapa yang tidak tau buah yang satu ini ? Buah yang menjadi favorit kalangan anak-anak dan dewasa ini memilki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang ini manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, buah ini menjadi salah satu buah yang disukai dan bermacam-macam buahnya. Pisang adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi di dunia. Kandungan gizinya sangatlah besar. Berbagai macam manfaat kesehatan mungkin akan kita dapatkan jika mengkonsumsi pisang. Bahkan pisang pun dipercaya dapat menurunkan resiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Uraian Tanaman :

Pisang berasal dari Asia dan tersebar di Spanyol, Itali, Indonesia, Amerika dan bagian dunia yang lainnya. Tumbuhan ini menyukai alam terbuka yang cukup sinar matahari, serta cocok tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter lebih diatas permukaan laut. Tanaman pisang ini tidak memiliki batang sejati. Batang pohonnya pun terbentuk dari perkembangan dan pertumbuhan pelepah pelepah yang mengelilingi poros lunak panjang, batang pisang sebenarnya terdapat di bonggol tersembunyi dalam tanah.

Kandungan Buah Pisang :

Vitamin B6 – 0,5 mg, Mangan – 0,3 mg, Vitamin C – 9 mg, Kalium – 450 mg, Serat – 3g, Protein – 1 g, Magnesium – 34 mg, Folat – 25.0 mcg, Riboflavin – 0,1 mg, Niacin – 0,8 mg, Vitamin A – 81 IU dan Besi – 0,3 mg.

Tahukah Anda Bahwa Buah Pisang Juga Berkhasiat Untuk Kesehatan Mata ?

Mari kita simak paparannya berikut ini :

Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga

Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga

 

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung ternyata pisang ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini akan melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga dapat mengurangi resiko kebutaan dan penting untuk penglihatan sehari-hari. Misalnya wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap harinya, dan pria pun membutuhkan 900 mikro gram. Perpisang 6 inci memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang pun mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata. Itulah mengapa mengkonsumsi pisang setiap hari selain dapat memberikan kekuatan dan energi serta dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan fungsi mata.

Mata yang sehat menghasilkan penampilan mata yang baik pula. Mata sehat ciri-cirinya tidak mengalami gangguan penglihatan sedikit pun dan mata terlihat jernih dan bersih. Jangan lupakan kesehatan mata, kesehatan kulit dan tubuh kita jaga mata pun juga. Kecantikan pun bisa terpancar dari mata yang sehat.

Itulah artikel mengenai kesehatan pada mata. Anda ingin mata sehat ?  disarankan konsumsi pisang sebagai nutrisi harian anda. Atau bisa juga mengkonsumsi EYE CARE SOFTGEL. Untuk menjaga kesehatan mata disarankan mengkonsumsi suplemen mata ini. Karena selain membantu menutrisi juga membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan mata.

Baca Juga : Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Pisang Agar Kesehatan Mata Terjaga

Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun

Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun,- Pohon pinang merupakan sejenis tumbuhan palma, memiliki batang yang tinggi dan mencapai ketinggian 25m batangnya pun berbentuk langsing dan lurus ke atas. Anda tentu tidak asing dengan pohon pinang, karena pohon ini biasa digunakan dalam budaya tertentu terutama di Indonesia biasa digunakan untuk lomba. Lomba panjat pinang yang biasa diadakan di acara 17 Agustus. Tapi tahukah anda bahwa buah pinang ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan ? Mari kita simak artikel mengenai khasiat buah pinang beserta uraian tanamannya.

Uraian Tanaman :

Pinang biasanya ditanam di pekarangan, di taman atau bisa dibudidayakan. Terkadang pula tumbuh liar di tepi sungai dan tempat-tempat lain, dapat ditemukan dari 1-1.400 m dpl. Pohonnya berbatang langsing, tumbuk tegak, tingginya mencapai 10-30 m, diameter 15-20 cm, tidak bercabang dan bekas daun yang lepas. Pohon buah pinang memiliki daun majemuk menyirip tumbuh berkumpul di ujung batang membentuk roset batang. Pelepah daunnya berbentuk tabung, panjangnya 80 cm, tangkai daunnya pendek. Panjang helaian daun 1-1,8 m, anak daunnya memiliki panjang 85 cm, lebarnya 5 cm, dengan ujung sobek dan bergigi. Tongkol bunga dengan seludang panjang yang mudah rontok, keluar dari bawah roset daun, panjang sekitar 75 cm, dengan tangkai pendek bercabang rangkap. Buahnya buah nuni, bulat telur sungsang memanjang, panjangnya 3,5-7 cm, dinding buah berserabut, bila masak warnanya merah orange. Biji satu, bentuknya seperti kerucut pendek dengan ujung membulat, pangkal agak datar dengan satu lekukan dangkal, panjangnya 15-30 mm, permukaan luar berwarna kecoklatan hingga coklat kemerahan.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis : Bijinya pahit, pedas, dan hangat. Daunnya sebagai penambah nafsu makan. Sabut : hangat dan pahit. Melancarkan sirkulasi tenaga, peluruh kencing, pencahar. Kandungan Kimia : Bijinya mengandung 0,3-0,6% alkaloid, seperti arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine. Selain itu juga mengandung ed tanin 15%, lemak 14% (palmitic, oleic, stearic, caproic, caprylic, lauric, myristic acid), kanji dan resin. Biji segar mengandung kira-kira 50% lebih banyak alkaloid, dibandingkan biji yang telah diproses. Arekolin: Obat cacing dan berkhasiat sebagai penenang.

Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

  • Mengatasi Mulut Kering

Orang ang menyirih mulutnya tidak akan kering, ini karena kinerja buah pinang yang dapat membuat ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah inilah yang akan mencegah orang dari berbagai macam penyakit seperti disentri dan sindrom.

  • Menguatkan Gigi dan Gusi

Iris beberapa buah pinang lalu kunyah irisan pinang tersebut. Ini dapat membantu menguatkan gigi dan gusi.

  • Mengobati Kulit Yang Luka

Cari daging buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini pada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan rutin agar luka tersebut sembuh.

  • Mengencangkan Vagina

Ternyata buah pinang ini juga sangat baik untuk pemulihan vagina pasca melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga mudah. Hanya dengan memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian diminum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun

Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun

Kandungan dalam buah pinang ini dipercaya dapat mengatasi mata rabun. Caranya dengan mengunyah daging pohon pinang dan telan airnya. Ini dapat mengatasi rabun pada mata. Ambil 1 biji buah pinang yang masih muda, lalu kunyah dan hisap saja airnya setiap hari. Cara inipun dipercaya efektif untuk mengatasi mata rabun.

Catatan : Perlu diingat, untuk mengkonsumsi buah pinang harus segera dihentikan jika penyakit yang sudah diderita telah sembuh. Karena buah ini dipercaya juga memiliki racun di dalamnya. Konsumsi buah pinang yang berlebihan akan mengakibatkan bahaya pada tubuh.

Untuk mengatasi mata rabun selain mengkonsumsi buah pinang, bisa juga mencari manfaat jeruk nipis yang dipercaya baik untuk kesehatan mata. Ada pula suplemen kesehatan mata untuk mengatasi mata rabun juga memberikan nutrisi pada mata, yaitu Eye Care Softgel. Obat mata ini penggunaannya mudah hanya tinggal diminum karena bentuknya softgel. Sangat cocok bagi anda yang ingin merawat mata.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Buah Pinang Untuk Mata Rabun

Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata,- Tahukah anda daun pegagan? Sudah pernah dengar atau baru dengar hari ini ? Daun pegagan merupakan salah satu kekayaan alam yang ada di Indonesia, memiliki manfaat untuk memperbaiki juga merevitalisasi pembuluh darah atau sel saraf mata yang rusak. Selain itu khasiatnya juga dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan mata yang bengkak. Manfaat dari daun ini mungkin memang belum banyak diketahui, tetapi daun ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara. Pegagan adalah anggota dari keluarga peterseli yang tumbuh di India, Asia Tenggara dan juga Afrika. Tanaman ini tumbuh subur di tepi badan air yang tenang dan menyebar. Pegagan juga selain digunakan manfaatnya untuk kesehatan mata juga dapat digunakan untuk masalah kulit seperti psoriasis dan sipilis juga berbagai macam masalah kesehatan kulit lainnya.

Uraian Tanaman :

Tanaman ini merupakan terna liar yang ada di seluruh Indonesia, berasal dari Asia Tropik. Tanaman ini tumbuh di tanah yang agak lembab dan cukup mendapat sinar matahari atau teduh seperti di padang rumput, pinggir selokan, sawah dan lain-lain. Pegagan adalah terna menahun tanpa batang, dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10 cm – 80 cm, akar keluar dari setiap bonggol, memiliki cabang yang banyak dan membentuk tumbuhan baru. Tepi nya bergerigi atau beringgit, dengan penampang 1 cm – 7 cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2-10 helai daun, kadang agak berambut. Bunganya berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bersama-sama keluar dari ketiak daun.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis :

Memiliki rasa manis, sejuk. Anti infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Kandungan kimia : Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside dan senyawaan sejenis, mempunyai kasiat anti lepra (Morbus Hansen).

Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

Menggunakan ramuan pegagan untuk mata jangan sembarangan, perlu teknik khusus. Ramuan obat tetes untuk mata bengkak Dan juga obat tetes mata dari daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati iritasi mata atau mata merah. dibuat dengan cara melumatkan daun pegagan, lalu memerasnya hingga mengeluarkan cairan. Setelah itu cairan yang diperoleh disaring hingga terpisah dari ampasnya. Air hasil saringan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata. Cairan ini digunakan 3-4 kali sehari. Selain itu pegagan pun dapat dikonsumsi dengan cara merebus 20 lembar daun pegagan dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 seperempat gelas. Air rebusannya lalu diminum setelah dingin. Manfaat yang akan didapatkan dari pegagan ini untuk mata adalah jika digunakan sebagai obat tetes mata.

Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

Selain menggunakan daun pegagan untuk menjaga kesehatan mata, bisa menggunakan bantuan suplemen kesehatan mata eye care softgel. Dapat membantu mengatasi mata bengkak, iritasi mata dan mata merah secara alami dari dalam. Bentuk suplemen ini softgel dan terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi. Klik Disini, dan Temukan Khasiat eye care softgel lainnya untuk mata > EYE CARE SOFTGEL.

Baca Juga : Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata,- Murbei memiliki nama latin Morus adalah tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tanaman murbei ini biasanya dimanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai usaha ulat sutra.

Uraian Tanaman

Murbei ini berasal dari Cina dan tumbuh baik di ketinggian lebih dari 100m dpl, serta membutuhkan cukup sinar matahari untuk pertumbuhannya. Murbei memiliki pohon dengan tinggi sekitar 9 m, percabangannya banyak, cabang muda berambut halus. Daunnya tunggal, letak berseling, bertangkai yang panjangnya 4 cm. Helai daunnya berbentuk bulat telur hingga berbentuk jantung, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, tepi bergerigi , berbentuk jantung, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, tepi bergerigi, pertualangan menyirip agak menonjol, permukaan atas dan bawah kasar, panjangnya 2,5-2- cm, memiliki lebar 1,5-12 cm, berwarna hijua. Bunga majemuk berbentuk tandan, keluar dari ketiak daun, mahkota bentuk taju, berwarna putih. Dalam satu pohon terdapat bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna yang terpisah. Murbei memiliki bunga sepanjang tabun. Buahnya banyak berupa buah buni, berair dan memiliki rasa yang enak. Buah muda berwarna hijau, setelah dimasak menjadi hitam. Biji kecil, berwarna hitam. Tumbuhan ini selalu dibudidayakan karena daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera. Daun muda enak digunakan sebagai sayur dan berkhasiat untuk membersihkan darah bagi orang yang sering bisulan. Perbanyakan tanaman ini dengan menggunakan stek dan okulasi.

Komposisi Kandungan Kimia :

Daun murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-sitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa-, beta-hexenal, cis-beta-hexenol, cis-lamda-hexenol, benzaidehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, aceto’ne, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C. dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol. Dan juga mengandung phytoestrogens. Bagian ranting murbei mengandung tanin dan vitamin A. B uahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, asam oleat, dan vitamin (karoten, B1, B2 dan C). Kulit batang mengandung (1) triterpenoids: alfa-,beta-amyrin, sitosterol, sitosterol-alfa-glucoside. (2) Flavonoids: morusin, cyclomorusin, kuwanone A,B,C, oxydihydromorusin. (3) Coumarins: umbelliferone, dan scopoletin. Kulit akar mengandung derivat flavone mulberrin, mulberrochromene, cyclomulberrin, cyclomulberrochromene, morussin, dan mulberrofuran A. Juga mengandung betulinic acid, scopoletin, alfa-amyrin, beta-amyrin, undecaprenol, dan dodecaprenol. Biji: urease. Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : Eedysterone berkhasiat hipoglikemik.

Khasiat Murbei Untuk Kesehatan

Buah murbei dapat diproduksi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi jus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam buah murbei segar terdapat komposisi yang banyak sekali dan khasiatnya baik bagi kesehatan. Inilah khasiat yang dapat kita peroleh :

  • Menurunkan kolesterol tubuh

Buah murbei dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Ini dibuktikan dengan penelitian yang dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat. Buah murbei untuk menurunkan kolesterol dihasilkan dari kandungan zat seperti kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin C yang melimpah.

  • Mengatur Kadar Gula

Murbei mengandung senyawa yang bersifat insulin, yang dapat membantu kadar gula bagi penderita diabetes. Penderita diabetes umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat.

  • Meningkatkan Imunitas

Saat musim pancaroba daya tahan tubuh tentunya menurun sehingga menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Buah murbei dengan kandungan vitamin C nya yang melimpah dapat menjadi aspuan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit.

  • Mengatasi Anemia

Buah murbei juga mengandung zat besi yang bisa membantu mengatasi anemia. Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan jumlah hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

 

Buah murbei pun mengandung vitamin A dan karoten yang khasiatnya baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A pun fungsinya untuk memperkuat serta mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata dan melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina. Disarankan mengkonsumsi segelas jus murbei untuk membantu meningkatkan penglihatan. Vitamin A disini juga dapat membantu memperkuat peradangan mata dan mengurangi ketegangan mata, jus murbei ini sangat ideal digunakan bagi mereka yang berjam-jam di depan komputer.

Resep Jus Murbei :

Bahan-bahan yang digunkan untuk membuat jus murbei adalah :

  • 12-14 muberry merah segar
  • 2 sendok teh gula putih
  • 1/2 cangkir es batu

Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat 1 porsi jus murbei segar :

Cara Membuatnya :

  • Ambil sari murbei dengan cara menekan pada saringan hingga menghasilkan saringan airnya saja.
  • Masukan air perasan murbei dalam gelas
  • Tambahkan air hingga 1 cangkir
  • Masukan ke dalam shaker koktail dengan es batu dan gula secukupnya (bisa juga dengan menggunakan madu sebagai pemanis alami)
  • Kocok selama 10 detik
  • Saring dan sajikan segera
  • Hidangkan dalam gelas. Dan selamat menikmati !

Itulah artikel mengenai manfaat dan khasiat buah murbei yang baik untuk kesehatan tubuh serta kesehatan mata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Sehat !

Rekomendasi kami untuk selalu menjaga kesehatan mata gunakan Suplemen Mata “EYE CARE SOFTGEL”. Kandungannya baik untuk mata. Terkandung zat-zat luar biasa untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati berbagai jenis gangguan mata termasuk mata minus dan mata silinder tanpa perlu operasi. Ingin Mata Sehat ? Klik Disini, dan Temukan Solusinya >> Suplemen Kesehatan Mata | EYE CARE SOFTGEL

Baca Juga : Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata

Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata,- Bisul di kelopak mata atau yang biasa disebut dengan mata bintitan terjadi akibat beberapa sebab. Penyebab utamanya adalah bakteri stafilokokus yang hidup di kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Sebab lain bisul di kelopak mata adalah infeksi akibat bakteri dan peradangan pada kelopak mata atau blefaritis.

Banyak cara untuk mengatasi bisul di kelopak mata. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara alami yaitu menggunakan daun meniran. Daun meniran merupakan tanaman yang cukup banyak ditemukan. Karena tanaman ini tumbuh di iklim tropis. Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman semak.

Uraian Tanaman :

Morfologi meniran memiliki batang, berbentuk bulat dengan batang yang basah tinggi kurang dari 50 cm. Daunnya bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang memiliki ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Bunganya terdapat pada ketiak daun menghadap ke arah bawah. Syarat tumbuh : Tumbuhan meniran berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan-hutan, ladang dan kebun maupun pekarangan rumah. Umumnya tidak dipelihara karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tempat yang lembab.

Komposisi Kandungan :
Senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan meniran memiliki zat filantin, kalium, mineral, damar dan zat penyamak.

Setelah diteliti ternyata daun meniran ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Tanaman inipun memilki banyak keguaan dan manfaat terutama di bidang pengobatan dan kesehatan untuk berbagai jenis penyakit dan gangguan.

Khasiat Daun Meniran Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata

  • Menjaga Kekuatan Sistem Imun Dalam Tubuh

Tanaman meniran ini cukup baik untuk tubuh kita. Salah satu tanaman yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun kita. Dalam meniran terdapat zat yang membantu merangsang imuno modulator. Jika ingin mendapat sistem tubuh imun yang kuat, menggunakan tanaman meniran secara teratur bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Dapat Digunakan Untuk Gejala Rematik

Untuk meredakan rematik, gunakan rebusan 1 sdm daun meniran dan 7 helai daun kumis kucing bersama segelas air. Ketika airnya tertinggal setengah gelas, angkat. Dan minum dengan segera saat airnya hangat.

  • Mengobati Demam

Daun meniran bisa diseduh bersama segelas air hangat. Dan dapat diminum untuk membantu meredakan demam tinggi pada anak.

  • Hepatitis

Daun meniran ini pun dikenal efektif mengatasi sakit hepatitis. Gunakan air rebusan daunnya untuk mengeluarkan toksin dari hati anda. Takaran yang digunakan adalah 50 gram. Minum setiap hari selama seminggu.

  • Dapat Mengobati Batu Ginjal dan Asam Urat

Di dalam daun meniran terdapat zat flavonoid yang efektif untuk mengobati asam urat dan batu ginjal. Daun meniran mengandung ion K yang dapat mengikat kristal asam urat yang kemudian dilarutkan dalam urin. Bukan hanya itu saja, daun ini pun bersifat diuretic.

Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata

Daun meniran sejak jaman dulu pun efektif digunakan untuk mengatasi bisul di kelopak mata. Ini karena kandungan yang ada di dalamnya aman dan ampuh. Cara mengolahnya adalah dengan merebus daun meniran lalu biarkan hingga hangat. Dan setelah itu gunakan air ini untuk mencuci mata anda. Lakukan pengobatan setiap malam hingga bisul hilang. Cara ini efektif untuk menghilangkan bisul yang tumbuh di kelopak mata. Selain itu daun meniran ini bisa digunakan untuk mengatasi rabun senja. Bila anda mengalami masalah pada bagian mata dan tidak bisa melihat jelas di waktu sore, gunakan daun meniran dan hati ayam, kemudian makan bersamaan untuk mendapatkan nutrisi dari kedua bahan tersebut agar mata tidak rabun lagi.

Baca Juga : Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata

By : www.tipssehatcantikalami.com

Khasiat Daun Meniran Untuk Bisul Di Kelopak Mata

Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata,- Lobak adalah tanaman umbi-umbian yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Lobak memiliki nama ilmiah Raphanus Sativus. obak ini bentuknya seperti wortel tetapi memiliki daging serta kulit yang berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari China tetapi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Di Indonesia hanya sedikit masakan yang menggunakan lobak. Lobak biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap pada masakan, tetapi tidak banyak. Berbeda dengan di China, Jepang dan Korea lobak merupakan salah satu makanan yang digemari. Lobak memiliki rasa yang agak pedas dan bau khas yang menyengat. Rasa pedas pada lobak disebabkan oleh adanya kandungan senyawa glikosinolate.

Uraian Tanaman :

Lobak merupakan herba semusim, memiliki tinggi lebih kurang 1 meter, batangnya lunak dan membentuk umbi, putih pucat. Daunnya tunggal, lonjong dan memiliki tepi daun bergerigi, ujung dan pangkal rampang berwarna hijau dan berbulu. Perbuangan berbentuk tandan, di ujung batang, benang sari kuning kehijauan, kelopaknya hijau, mahkota lonjong berwarna putih. Buahnya lonjong warna cokelat. Bijinya lonjong.

Komposisi Lobak Putih :

Lobak memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, C, E, Minyak atsiri, beta karoten, niasin, mangan, kolin, asam folic, kalsium, zat besi, fosfor, asam oksalat, serat kasar.

Khasiat Lobak Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada lobak, membuat makanan yang satu ini digemari dan juga khasiatnya dapat  dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Lobak putih ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan juga bisa dijadikan bahan sup. Inilah manfaat lobak untuk kesehatan :

  • Menyembuhkan Batu Ginjal

Ternyata mengkonsumsi lobak bisa digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus dipercaya lebih efektif untuk menghilangkan batu ginjal dibanding dengan dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Selain mengobati lobak inipun dapat mencegah pembentukan batu ginjal kembali. Cobalah konsumsi jus lobak segar di pagi hari dan lakukan sebelum anda sarapan ini akan membantu melarutkan batu yang terbentuk di ginjal.

  • Mengobati Ambeien

Ambeien adalah penyakit yang sangat mengganggu dan membuat malu, terlebih akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lobak putih ini bisa menjadi alternatif pengobatan untuk penyembuhan ambeien. Dalam lobak putih banyak zat yang bersifat tidak mudah dicerna. Zat ini akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit. Penyakit ambeien seperti diketahui menjadi faktor penyebab utama sembelit. Jika sembelit ini sudah teratasi, ambeien akan mereda dan selanjutnya akan bisa sembuh. Lobak putih ini sangat baik dan dapat membantu proses pencernaan dan pengeluaran racun di tubuh kita. Jika anda menderita penyakit ambeien, cobalah konsumsi jus lobak putih 2 kali dalam satu hari untuk mempercepat penyembuhan ambeien.

  • Memulihkan Sistem Pernafasan

Sistem pernafasan yang tersumbat dapat terjadi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru. Dalam lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan juga zat desinfektan yang akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin akan menyerang.

  • Menyembuhkan Demam

Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih pun bisa menurunkan suhu tubuh dan menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan cara di jus lalu dicampurkan garam dan diminum.

Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata

Lobak kaya akan vitamin A dan karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada mata. Tak kalah kandungan lutein pun ada di dalamnya dan baik untuk pencegahan penyakit mata dan dapat digunakan untuk menutrisi otak.

Semua sayuran tersebut memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Selain itu, ada pula zat lutein dan zeaxanthin yang nantinya tersimpan pada makula, sehingga retina dapat menjadi tabir surya alami bagi keseluruhan mata.

Lobak daunnya berwarna hijau. Semua sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan juga lutein serta zeaxanthin yang nantinya dapat tersimpan pada makula, sehingga retina dapat menjadi tabir surya alami bagi keseluruhan mata. Sayuran hijau jika dikonsumsi rutin dapat membantu penglihatan menjadi lebih tajam dan juga termasuk mendeteksi kontras. Kandungan zeaxanthin dan lutein pun dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit mata kronis, termasuk degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga : Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Lobak Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak

Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak,- Kubis atau yang biasa disebut dengan kol adalah sayuran yang sering digunakan dan bermanfaat bagi kesehatan. Kubis biasanya digunakan sebagai bahan lalapan atau sebagai pelengkap masakan. Karena termasuk jenis sayuran, tak heran kubis pun memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

Uraian Tanaman :

Kubis jenisnya cukup banyak. Jenis kubis yang ditanam di Indonesia adalah kubis, kubis bunga, kubis tunas, kubis rabi, dan kale. Kubis yang telah dibudidayakan dibuat menjadi tanaman annual. Kubis memiliki daun yang bulat, oval, hingga lonjong, membentuk roset akar yang membesar dan tebal, warna daunnya pun bermacam-macam yaitu warna putih, hijau, merah keunguan. Daun kubis segar rasanya renyah dan garing sehingga dapat dimakan sebagai lalap mentah dan matang, campuran salad, disayur, atau dibuat urap. Kubis dapat diperbanyak dengan biji atau setek tunas.

Komposisi Kubis :

Kubis mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A,C,E,tiamin, riboflavin, nicotinamide), kalsium, dan beta karoten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang dapat merangsang pembentukan glutation yang merupakan enzim yang bekerja dengan cara menguraikan dan membuang zat-zat beracun yang beredar dalam tubuh. Tingginya kandungan vitamin C dalam kubis pun dapat mencegah timbulnya skorbut (scurvy). Adanya zat anthocyanin menyebabkan warna kubis dapat berubah menjadi merah. Kandungan zat aktifnya, sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon, dan rektum, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, seperti kobalt, nikel dan tembaga yang berlebihan di dalam tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker. Kandungan asam amino dalam sulfurnya, juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, penenang saraf, dan membangkitkan semangat.

Khasiat Kubis Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan yang ada dalam kubis, menjadikan kubis ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Kubis ini memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kubis adalha sayuran dengan kandungan vitamin C dan sukfur yang tinggi. Senyawa ini manfaatnya baik untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit seperti penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

  • Mencegah Kanker

Penelitian menyatakan bahwa kubis memiliki kemampuan untuk mencegah sel kanker, seperti kanker payudara. Ini karena kandungan senyawa lupeol, sinigrin dan sulforaphane yang dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit stroke dan jantung. Kandungan potassium dalam kubis mampu melebarkan pembuluh darah hingga aliran darah di seluruh tubuh tetap lancar.

  • Menyehatkan Organ Pencernaan

Kubis adalah jenis sayuran yang merupakan sumber serat tinggi. Karena itu kubis dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan dan menghindarkan anda dari gejala susah buang air besar atau sembelit.

  • Sebagai Anti Inflamasi

Kubis dipercaya memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan sumber utama glutamin. Glutamine merupakan agen anti-inflamasi yang kuat sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam dan berbagai gangguan kulit.

Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak

Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak

Kubis memiliki nutrisi yang baik untuk mata. Ini karena beta karoten yang ada didalamnya dapat membantu mempertajam daya lihat mata dan menangkal katarak juga mencegah penurunan daya lihat lanjut usia atau degenerasi makula. Selain dapat meningkatkan kesehatan mata, kubis inipun dapat mencegah pembentukan katarak. Sehingga jika anda rutin mengkonsumsi kubis, dapat dipastikan kesehatan mata anda akan selalu terjaga. Dalam kubis inipun terkandung vitamin A dan Riboflavin yang baik untuk kesehatan mata.

Itulah artikel mengenai manfaat kubis untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan mata. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Salam Sehat !

By : www.tipssehatcantikalami.com| Khasiat Kubis Untuk Mencegah Katarak

Khasiat Kencur Untuk Mata Pegal

Khasiat Kencur Untuk Mata Pegal,- Kencur termasuk salah satu tanaman apotik hidup yang mudah tumbuh di tanah yang gembur. Kencur ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan khasiatnya untuk kesehatan. Kencur biasanya digunakan untuk obat sakit tenggorokan. Tetapi selain untuk sakit tenggorokan bisa juga digunakan untuk obat sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan, disentri, infeksi bakteri, sakit perut, ekspektoran dll.

Kandungan Kimia Kencur : Rimpang kencur mengandung pati (4,14%), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

Uraian Tanaman :

Kencur termasuk dalam suku tumbuhan Zingiberaceae dan digolongkan sebagai tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging buah paling lunak dan tidak berserat. Kencur adalah terna kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau di pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencur memiliki aroma yang spefisik. Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Jumlah helaian daun bunganya tidak lebih dari 2-3 lembar dengan susunan berhadapan. Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4 hingga 12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan. Kencur ini tumbuh dan berkembang di musim tertentu, biasanya pada musim penghujan. Kencur bisa ditanam di dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan di tempat terbuka.

Khasiat Kencur Untuk Kesehatan

  • Dapat dijadikan sebagai obat masuk angin
  • Menghilangkan darah kotor
  • Mengobati radang lambung
  • Mengobati keseleo
  • Mengobati mulas pada perut
  • Sebagai obat batuk
  • Mengobati diare
  • Dapat digunakan sebagai anti kanker
  • Baik untuk pencernaan
  • Bumbu masakan
  • Baik untuk kulit
  • Mengobati peradangan usus
  • Membunuh bakteri dalam usus
  • Membuang racun dalam tubuh
  • Sebagai antioksidan
  • Menjadi sumber serat

Khasiat Kencur Untuk Mata Pegal

Khasiat Kencur Untuk Mata Pegal

Kencur ini bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah dan saraf yang kaku. Dan bisa digunakan untuk mengatasi mata epgal. Mata pegal penyebabnya beragam, ada akibat kurang tidur, terkena debu, iritasi atau terlalu lama berada di depan komputer dan laptop. Untuk mengatasi mata pegal bisa dengan menyiapkan 1 potong rimpang kencur segar. Lalu dicuci hingga bersih, bolah menjadi 2 bagian lalu gosok permukaan rimpang kencur yang masih basah ke pelupuk mata dan biarkan beberapa lama agar bereaksi. Reaksi yang timbul pasti akan terasa panas. Rasa panas itu adalah pertanda bahwa proses penyembuhan pada mata sedang berlangsung.

Pengolahan Kencur Untuk Pengobatan :

  • Obat Untuk Masuk Angin

Cobalah cuci bersih 1 rimpang kencur, lalu makan kencur bersama garam dapur dan minumlah dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari untuk mencegah masuk angin.

  • Menghilangkan Darah Kotor

Siapkan 4 rimpang kencur, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan 1 liter air mendidih, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari secara teratur.

  • Mengobati Radang Lambung

Cuci 2 rimpang kencur lalu kupas dan kunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Pengobatan ini bisa dilaukan hingga terlihat hasilnya.

  • Sebagai Obat Batuk

Cuci dua rimpang kencur lalu parut dan campurkan dengan segelas air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu diambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut hingga habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

  • Mengobati Diare

Tumbuk 2 rimpang kencur dengan dua siung bawang merah hingga halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk tadi. Bakar hingga hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada perut.

Baca Juga : Obat Koreng

By : www.tipssehatcantikalami.com | Khasiat Kencur Untuk Mata Pegal

Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Mata,- Daun Katuk memiliki nama latin Sauropus Androgynus yang merupakan tumbuhan sayuran yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Tanaman katuk ini biasa digunakan sebagai pagar hidup dan daunnya pun bisa digunakan sebagai sayuran bening yang enak. Selain itu daun ini pun memiliki banyak kegunaan dan khasiat karena kandungan gizi di dalamnya bisa mengobati berbagai macam gangguan kesehatan.

Uraian Tanaman :

Daun katuk merupakan tanaman Sauropus adrogynus. Tanaman ini berbentuk perdu. Tingginya mencapai 2-3m. Cabang agak lunak dan terbagi daun tersusun selang-seling pada 1 tangkai, berbentuk lonjong hingga bundar dengan panjang 2,5 cm dan juga lebar 1,25-3cm. Bunga tunggal atau berkelompok tiga. Buahnya bertangkai panjang 1,25 cm. Dapat dibudidaya dengan stek dari batang yang sudah berkayu, panjangnya kurang lebih 20 cm disemaikan terlebih dahulu. Setelah berakar sekitar 2 minggu baru dapat dipindahkan ke kebun. Jarak tanam panjang 30 cm dan lebar 30 cm. Setelah tinggi mencapai 50-60 cm.

Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Mata

  • Daun katuk memiliki sumber vitamin A yang baik untuk mencegah penyakit mata dan melancarkan pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh dan reproduksi.
  • Kandungan betakarotennya pun tinggi sehingga baik untuk mencegah gangguan kesehatan mata.
  • Daun katuk pun dapat mencegah osteoporosis karena di dalamnya terdapat kalsium yang cukup baik. Cocok dikonsumsi oleh kaum wanita yang tidak ingin terkena osteoporosis. Di dalamnya pun terdapat kalsium hingga 2,8%, dan juga besi kalium.
  • Berfungsi untuk melancarkan ASI bagi ibu yang telah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin A,B dan C juga mineral (kalsium, fosfor, zat besi) dan 7 senyawa aktif lainnya.
  • Mengandung efedrin yang baik untuk penderita flu. Zat besinya yang tinggi pun untuk penderita anemia.
  • Terdapat 7 senyawa aktif yang dapat merangsang produksi hormon steroid dan senyawa eiksonoid.
  • Daun katuk pun dapat dijadikan obat alami karena kaya akan vitamin A, B1, dan C. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin dan alkaloid pun ada dalam daun katuk.
  • Baik untuk kesehatan pria. Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

Ketika mengolah daun katuk pastikan memasak daun katuk harus mencuci bersih dan merebusnya hingga matang. Ini tujuannya untuk menghilangkan kandungan toksin yang ada dalam daun katuk, tetapi jangan khawatir toksin yang terdapat pada daun katuk tidaklah banyak. Itulah artikel singkat mengenai khasiat daun katuk untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk para pembaca. Salam Sehat !

Baca Juga : Cara Menghilangkan Koreng Secara Alami

By : www.tipssehatcantikalami.com| Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan Mata