9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Banyak yang mengira pengapuran tulang adalah pengeroposan tulang. Benarkah ?

Penyebab dari keroposnya tulang adalah berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang ini biasa disebut dengan osteoporosis.

Sementara itu pengapuran tulang dan sendi bahasa medisnya osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan di ujung tulang menjadi menipis seiring berjalannya waktu. Jadi, kerusakan bisa terjadi pada sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.

Jadi bisa dilihat dari kondisi dan nama medisnya bahwa kedua keluhan ini berbeda ya ?

Hal-Hal yang Menyebabkan Osteoarthritis

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Penyebab dari sendi rusak dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna bisa jadi karena faktor usia. Wanita juga kerap lebih beresiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria.

Terlalu sering bekerja dengan sendi yang mendapat tekanan berlebih dalam jangka waktu lama. Osteoarthritis ini juga bisa disebabkan karena cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan erakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi ini juga terjadi akibat olahraga berlebihan dan kecelakaan lalu-lintas yang juga meningkatkan resiko.

Obesitas, menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan berat tubuh, dan juga meningkatkan resiko terkena osteoarthritis. Selain itu faktor lainnya adalah karena terkena diabetes atau rematik.

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Alami & Medis

Jika anda mengalami pengapuran tulang, ini lah beberapa hal terkait gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan :

  1. Mengurangi Berat Badan

Sendi yang mengalami tekanan berlebih bisa kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dan turunkan berat badan.

   2. Gunakan Air Panas Atau Air Dingin

Kondisi osteoarthritis bisa menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan air panas atau air dingin untuk bantu meringankannya. Penggunaan air panas juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin bisa meredakan kejang otot dan juga nyeri.

  3. Olahraga

Lagi-lagi olahraga bisa bantu mengatasi berbagai gejala penyakit. Olahraga secara teratur sangat penting untuk dilakukan karena bisa bantu menguatkan otot-otot sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini bisa membuat sendi menjadi lebih stabil dan bisa mengurangi tingkat osteoarthritis yang diderita. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena bisa memperburuk masalah yang diderita.

  4. Menggunakan Alat Bantu

Alat bantu akan sangat dibutuhkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat, konsultasi pada dokter atau ahli terapi.

  5. Melakukan Terapi Fisik

Terapi fisik ini bertujuan untuk menguatkan otot yang didedikasikan agar penderitanya bisa meningkatkan aktivitas gerak dan mengurangi rasa sakit. Terapi ini bisa diberikan pada ahlinya, dan tujuannya adalah untuk memperkuat otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.

 6. Terapi Okupasi

Terapi ini bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja bisa berjalan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang cara-cara tertentu bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.

 7. Menggunakan Sepatu Khusus

Sepatu pasien ini bisa diberi bantalan khusus yang bisa mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan

Alangkah baiknya jika kita tahu pengetahuan tentang pengapuran tulang diatas bisa membuat seseorang mengantisipasinya sejak dini sekaligus tahu apa yang harus dilakukan jika terkena kondisi medis ini.

Baca Juga : Obat Sakit Kepala Di Apotik

By : Obat Hidrosefalus

1 2 3 29