Pesan Obatnya HARI INI, Dapatkan PROMO SPECIAL "Kirim Obat Dulu, Bayarnya Setelah Obat Sampai"

Kategori Arsip: Artikel Kecantikan

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Banyak yang mengira pengapuran tulang adalah pengeroposan tulang. Benarkah ?

Penyebab dari keroposnya tulang adalah berkurangnya kepadatan tulang. Dalam dunia medis, pengeroposan tulang ini biasa disebut dengan osteoporosis.

Sementara itu pengapuran tulang dan sendi bahasa medisnya osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan di ujung tulang menjadi menipis seiring berjalannya waktu. Jadi, kerusakan bisa terjadi pada sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.

Jadi bisa dilihat dari kondisi dan nama medisnya bahwa kedua keluhan ini berbeda ya ?

Hal-Hal yang Menyebabkan Osteoarthritis

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Penyebab dari sendi rusak dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna bisa jadi karena faktor usia. Wanita juga kerap lebih beresiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria.

Terlalu sering bekerja dengan sendi yang mendapat tekanan berlebih dalam jangka waktu lama. Osteoarthritis ini juga bisa disebabkan karena cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan erakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi ini juga terjadi akibat olahraga berlebihan dan kecelakaan lalu-lintas yang juga meningkatkan resiko.

Obesitas, menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan berat tubuh, dan juga meningkatkan resiko terkena osteoarthritis. Selain itu faktor lainnya adalah karena terkena diabetes atau rematik.

9 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Alami & Medis

Jika anda mengalami pengapuran tulang, ini lah beberapa hal terkait gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan :

  1. Mengurangi Berat Badan

Sendi yang mengalami tekanan berlebih bisa kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dan turunkan berat badan.

   2. Gunakan Air Panas Atau Air Dingin

Kondisi osteoarthritis bisa menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan air panas atau air dingin untuk bantu meringankannya. Penggunaan air panas juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin bisa meredakan kejang otot dan juga nyeri.

  3. Olahraga

Lagi-lagi olahraga bisa bantu mengatasi berbagai gejala penyakit. Olahraga secara teratur sangat penting untuk dilakukan karena bisa bantu menguatkan otot-otot sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini bisa membuat sendi menjadi lebih stabil dan bisa mengurangi tingkat osteoarthritis yang diderita. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena bisa memperburuk masalah yang diderita.

  4. Menggunakan Alat Bantu

Alat bantu akan sangat dibutuhkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat, konsultasi pada dokter atau ahli terapi.

  5. Melakukan Terapi Fisik

Terapi fisik ini bertujuan untuk menguatkan otot yang didedikasikan agar penderitanya bisa meningkatkan aktivitas gerak dan mengurangi rasa sakit. Terapi ini bisa diberikan pada ahlinya, dan tujuannya adalah untuk memperkuat otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.

 6. Terapi Okupasi

Terapi ini bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja bisa berjalan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang cara-cara tertentu bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.

 7. Menggunakan Sepatu Khusus

Sepatu pasien ini bisa diberi bantalan khusus yang bisa mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan

Alangkah baiknya jika kita tahu pengetahuan tentang pengapuran tulang diatas bisa membuat seseorang mengantisipasinya sejak dini sekaligus tahu apa yang harus dilakukan jika terkena kondisi medis ini.

Baca Juga : Obat Sakit Kepala Di Apotik

By : Obat Hidrosefalus

Daftar Kesalahan Yang Dilakukan Saat Liburan Sebabkan Masalah Kulit

Daftar Kesalahan Yang Dilakukan Saat Liburan Sebabkan Masalah KulitDaftar Kesalahan Yang Dilakukan Saat Liburan Sebabkan Masalah Kulit,- Yeay libur telah tiba, termasuk hari sabtu ini. Selamat menikmati aktivitas weekend sobat … Bagi para mahasiswa libur semester ini pasti sebagian melakukan aktivitas travelling, ya travelling saat ini sedang digandrungi para anak muda. Selain menyenangkan juga bisa menambah koleksi foto-foto di awal tahun. Tapi bagi para wanita tahukah anda bahwa masalah kulit mengancam setiap kali kamu pulang liburan ? Tak ayal kulit kusam, warna kulit yang menggelap dan kulit kering terjadi. Selama berlibur, kamu pun banyak melakukan aktivitas tak jarang perawatan kulit pun terlewatkan. Masalah kulit pun datang, pasti ada penyebabnya mengapa masalah kulit muncul. Bisa jadi karena kesalahan perawatan kecantikan selama berlibur inilah yang kamu lakukan :

Khilaf Tidak Memakai Sunscreen Saat Transit Di Manapun

SUNSCREEN menjadi benda yang sangat wajib dipakai, apalagi untuk kulit orang Indonesia yang berada di daerah tropis. Apalagi jika kamu berlebur di pantai, uhh wajib sekali pakai sunscreen. Tidak heran kulit jadi kusam dan kering akibat terpapar sinar matahari meskipun berada dalam mobil misalnya atau berada d ruangan dekat kaca, kamu harus selalu apply sunscreen 2 hingga 3 jam sekali selama perjalanan kamu. Ini cara untuk menjaga ketahanan kulit dan aman saat terpapar sinar matahari.

Tidak Menyesuaikan Produk Dengan Iklim Di Tempat Berlibur

Jika kamu liburan ke negara dengan iklim yang berbeda dengan Indonesia, maka kamu wajib mencari kosmetik atau skincare yang sesuai dengan iklim di negara tersebut, produk yang dikhususkan tersebut memagn biasanya disesuaikan dengan kulit. Tips untuk kamu gunakan produk yang lebih pekat untuk memberikan kelembaban saat kamu berada di negara berikilm dingin. Sedangkan untuk iklim tropis, kamu gunakan produk yang lebih ringan agar memudahkan kulit bernafas di cuaca yang lebih panas.

Lupa Membersihkan Wajah Saat Malam

Saat kamu menghabiskan waktu seharian bermain di pantai atua di gunung kadang kamu merasa tidak perlu membersihkan wajah. Padahal tidak membersihkan wajah yang menempel sunscreen seharian bisa menyebabkan sinar matahari dan air asin membuatmu berjerawat. Untuk itu setelah seharian bermain air, bersihkan wajah menggunakan pembersih yang berbahan dasar minyak untuk mengangkat segala jenis pembersih yang berbahan dasar minyak agar kotoran terangkat dan tidak mengangkat kelembaban alami kulit kamu.

Tidak Melindungi Rambut

Melindungi rambut sama pentingnya dengan melindungi kulit, apalagi jika rambut diwarnai. Termasuk rambut yang berhijab. Rajin2lah keramas dan urus rambutmu, tips jika rambut lepek gunakan bedak bayi atau produk kecantikan bedak no sebum yang bisa membantu mengatasi rambut lepek.

Tidak Membawa Produk Yang Dibutuhkan

Saat berpergian tentunya kita hanya bawa benda penting yang memang benar benar dibutuhkan. Benda yang wajib sekali dibawa saat liburan adalah sunscreen, hand sanitizer, body lotion dll produk skin care sesuai jenis kulit dan tidak menyebabkan purging atau breakout di wajah.

By Tips Kesehatan dan Kecantikan

Lulur Tradisional Untuk Pemutih Kulit Dari Bahan Dapur

Lulur Tradisional Untuk Pemutih Kulit Dari Bahan Dapur

Lulur Tradisional Untuk Pemutih Kulit Dari Bahan Dapur,- Siapa sih yang tidak ingin kulit putih bersih dan bersinar ? Semua orang pasti ingin, karena standar kecantikan Indonesia saat ini adalah berkulit putih. Tetapi karena Indonesia merupakan negara agraris maka kulit orang Indonesia cenderung kusam dan berminyak karena paparan sinar matahari berlebih disini.

Nah artikel kali ini kami akan memberikan tips bagaimana menggunakan bahan dapur untuk mendapatkan kulit putih yang alami. Langsung saja ke bahan utamanya, kita gunakan beras dan kunyit. Loh kok bisa ? Tentu saja bisa.

Beras mengandung mineral dan vitamin yang manfaatnya bagus untuk kulit. Vitamin di dalam beras antara lain B,C dan E yang bisa membuat pori-pori lebih kecil dan kulit pun lebih putih dan halus. Vitamin B ini sering ada di dalam kandungan produk pemutih kulit lho ! Tapi vitamin B dari beras kita dapatkan secara alami.

Kunyit mengandung bahan antiseptik yang bisa mencegah peradangan jerawat dan luka, mengobati gatal, ruam-ruam dan bisa memulithkan kerusakan akibat paparan sinar matahari. (Sumber : merdeka). Banyak sekali manfaatnya bukan?

Jaman dulu belum banyak tersedia produk produk kecantikan seperti sekarang bukan ? Sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkan produk produk kecantikan beserta reviewnya di berbagai macam situs. Nah cara yang akan dibahas kali ini adalah dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan dari alam. Salah satunya beras dan kunyit. Beras dan kunyit tentunya alami dan tidak akan berbahaya seperti produk produk jaman sekarang yang banyak mengandung mercury and others yang jika digunakan terus menerus dalam waktu lama akan menimbulkan kerusakan permanen pada kulit. Untuk menghindari hal hal ini tidak ada salahnya kita mencoba back to nature. Mari simak cara pembuatan lulurnya.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Dengan Cucian Air Beras

Bahan Bahan :

  • Segenggam Beras
  • 3 cm kunyit dan kencur
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Pembuatan :

  • Rendam beras selama 10 menit. Cara ini agar beras lebih lunak ketika di blend.
  • Campur beras, kunyit, kencur dan tambahkan jeruk nipis lalu di blender hingga teksturnya cukup halus.
  • Tuang lulur ke dalam wadah. Dan lulur siap digunakan.

Cara Menggunakan :

  • Sebelum mandi cobalah oleskan lulur ke tubuh, tunggu hingga kering sekitar 1/2 jam, lalu gosok dengan gerakan memutar. Setelah itu mandi.

Review yang admin dapatkan setelah menggunakan lulur ini badan jadi terasa hangat dan nyaman. Setelah penggunaan biasanya akan ada efek kunyit dan kulit pun menjadi kuning. Maka dari itu jangan menggunakan baju dengan warna terang agar kunyit tidak menempel di baju.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Batu Ginjal

Tips Lainnya >>

By : Obat Herbal Di Toko Acep

Pengertian Botox dan Efek Sampingnya

Botox merupakan sebuah nama Botullinum Toxin A, yang merupakan protein murni yang di ekstraksi dari bakteri Clostridium Botullinum. Proses pemurnian protein dari bakteri ini sama dengan pemurnian protein pada obat antibotika lainnya. Karena itu botox lebih tepat dikatakan obat bukan kosmetik.

Pengertian Botox dan Efek Sampingnya

Pengertian Botox dan Efek Sampingnya

Pengertian Botox dan Efek Sampingnya,- Botox termasuk dalam jenis racun. Racun ini menyebabkan botulisme, yaitu infeksi yang menyebabkan kelumpuhan otot yang membahayakan nyawa. Meskipun begitu botolinum toxin ini akan aman jika disuntikan dalam kadar kecil oleh ahli. Suntikan yang langsung ke sasaran bisa membuatnya tidak berpengaruh pada otot lain. Penggunaan Botox untuk tujuan pengobatan telah disahkan oleh FDA Amerika (FOOD AND DRUG ADMINISTRATION) pada tahun 1980. Botox digunakan untuk tujuan medis untuk memperbaiki kelainan fungsi otot, mengurangi kejang-kejang di sekitar mata dan meringankan kedutan. Tetapi dengan berkembangnya teknologi botox digunakan dalam dunia kecantikan dan kosmetik. Botox dulu digunakan untuk membantu pasien yang menginginkan wajah yang sempurna seperti yang diinginkannya. Harga botox ini sangat mahal dan biasa digemari oleh para selebritis dan wanita sosialita untuk tampil cantik.

Cara Kerja Botox

Botox memblokir pelepasan asetilkolin yang merupakan zat neurotransmiter yang dikeluarkan sel-sel saraf. Zat ini berperan sebagai alat komunikasi dari sel-sel saraf ke otot. Ketika dikeluarkan oleh sel saraf, asetilkolin menyebabkan otot berkontraksi. Tanpa asetilkolin, saraf tidak bisa mengirim sinyal ke otot dan sebagai akibatnya otot menjadi lumpuh.

Pada perawatan anti penuaan, suntikan ini bisa melemahkan dan melumpuhkan beberapa otot wajah yang sebelumnya berkontraksi dan menyebabkan kerutan pada kulit. Kerutan dan juga garis halus di bagian kulit yang disuntuk akan menghilang 2-7 hari setelah suntikan.

Kini suntik botox diminati karena untuk membantu mencegah proses penuaan. Botox ini mau tidak mau harus disuntikan ke otot yang mengatur ekspresi wajah, jika salah suntik wajah bisa jadi tidak simetris dan mulut menjadi mencong, alis terlalu naik dll. Maka dari itu penggunaannnya pun mesti dilakukan oleh para ahli. Dapat disimpulkan botox bisa menghasilkan efek instan, dan yang instan pasti ada saja efek sampingnya. Botox pun bisa menyebabkan efek samping yaitu :

Efek Samping Botox

Tiap perawatan memiliki manfaat dan juga efek samping, termasuk suntikan botox. Resiko efek samping yang akan dirasakan tergantung pada kadar botox yang diberikan, tetapi umumnya masih bersifat ringan dan sementara, seperti :

  • Flu
  • Mengantuk, lemas, dan lelah tanpa alasan yang jelas
  • Sakit kepala ringan
  • Otot memar, nyeri dan kaku dibagian yang disuntik
  • Kulit gatal dan kemerahan

Efek samping lain juga ada yang menjadi berbahaya ketika suntikan tidak diberikan dengan tepat sasaran. Botox pun akan menyebar ke jaringan sekitar dan mengakibatkan hal-hal berikut :

  • Sakit kepala dan migrain terasa semakin parah
  • Wajah terasa mati rasa
  • Kelopak mata menjadi berat dan sulit terbuka
  • Alis tidak simetris atau sejajar
  • Mata berair dan sebaliknya atau menjadi kering
  • Bibir tidak dapat melengkung sempurna saat senyum

Adalagi beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, botox bisa menyebar ke bagian bagian tubuh lain. Kondisi ini umumnya terjadi beberapa jam atau beberapa hari setelah suntikan. Gejala yang terjadi misalnya :

  • Masalah penglihatan
  • Sulit bicara
  • Sulit menarik nafas
  • Sulit menelan makanan
  • Otot tubuh terasa lemas
  • Tidak dapat menahan buang air

Baca Juga : Pengertian Laser dan Manfaatnya

Ingin wajah cerah alami, anti kusam dan tampak awet muda? Gunakanmasker alami dari teripang emas “Jelly Gamat QnC” mampu mengencangkan kulit secara alami. Gunakan produknya secara rutin dan dapatkan hasil maksimal TANPA HARUS perawatan di dokter kecantikan.

By : http://www.tipssehatcantikalami.com | Pengertian Botox dan Efek Sampingnya

Pengertian Laser Wajah dan Manfaatnya

Pengertian Laser Wajah dan Manfaatnya,- Semakin berkembangnya jaman semakin berkembang pula teknologi untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang dialami manusia. Termasuk juga masalah penampilan atau kecantikan. Setelah kemarin kita membahas dermabrasi dan chemical peeling, kali ini kita akan membahas laser. Laser wajah termasuk salah satu bentuk teknologi modern yang bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti kutil, jerawat, kerutan wajah, tahi lalat, bintik hitam dan lain-lain.

Pengertian Laser Wajah dan Manfaatnya

Pengertian Laser Wajah dan Manfaatnya

 

Pengertian Laser Wajah

Laser wajah ini prinsip kerjanya adalah menggunakan laser untuk membantu menghancurkan lapisan kulit paling luar yang disebut dengan lapisan epidermis. Cara kerjanya dengan membuat luka atau peradangan di dalam kulit yang tumbuh jerawat menggunakan laser, setelah itu sinar laser akan membunuh bakteri jerawat pada kulit.

Penyinaran dilakukan tidak hanya sekali tetapi bisa hingga 2-3 kali untuk membersihkan luka dan bekas jerawat. Untuk penyembuhan luka bisa hingga 100% keefektifannya. Bahkan pengobatan laser ini pun disertai dengan treatment lainnya untuk membuat kulit lebih terawat dan terbebas dari tumbuhnya jerawat.

Manfaat Laser Wajah

  • Menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat tumbuh kembali
  • Menghaluskan dan menyamarkan luka di kulit
  • Mengatasi produksi minyak berlebih
  • Mencapai bagian terkecil untuk mengangkat kotoran, minyak dan luka
  • Membuat wajah lebih kencang
  • Menghilangkan kerutan
  • Menghilangkan tahi lalat tanpa pendarahan
  • Mengatasi masuknya bakteri

Efek Samping Laser Wajah

  • Kulit menjadi panas

Saat menjalani proses sinar laser yang menyentuh kulit maka ini akan menyebabkan kulit terasa panas seperti terbakar matahari. Ini terjadi akibat sinar laser yang memancar mengenai kulit secara langsung.

  • Terjadi Bengkak

Setelah proses laser biasanya akan timbul kemerah merahan pada kulit wajah. Dalam beberapa kasus ada yang menyebabkan gatal di bagian yang sudah disinari laser bahkan bengkak

  • Mengalami Iritasi Ringan

Setelah proses penyinaran tersebut selesai ini akan membuat bekas luka jerawat bisa mengalami iritasi.

  • Penggelapan Kulit

Laser juga memberikan hasil yang berbeda terhadap pemilik kulit putih dan kulit hitam

  • Kulit Mengering Pada Masa Perawatan

Proses penyinaran laser memiliki efek membuat kulit menjadi lebih kering.

Dan yang terakhir efek samping yang akan terjadi resiko gagal yang bersifat permanen pada kerusakan wajah anda.

Catatan :

Ada penelitian para pakar bahwa treatment laser jauh lebih aman dilakuka pada pasien yang memiliki kulit putih dibanding pada pasien dengan kulit hitam. Dampak yang bisa ditimbulkan adalah terjadinya hiperpigmentasi dan hipopigmentasi di kulit, dikhawatirkan pada pigmen hitam akan menjadikan kulit menjadi lebih gelap.

Baca Juga : Menghilangkan Bopeng Yang Sudah Menahun

By : www.tipssehatcantikalami.com | Pengertian Laser Wajah dan Manfaatnya

Pengertian Chemical Peeling

Pengertian Chemical Peeling,- Semakin berkembangnya jaman dan teknologi jasa dokter kecantikan semakin banyak dan diserbu oleh para wanita yang ingin terlihat lebih cantik. Sehingga berbagai macam jenis perawatan sudah banyak dikeluarkan dan dilakukan oleh dokter kecantikan. Jika kemarin kita membahas mengenai dermabrasi kali ini kita akan membahas tentang Chemical Peeling.

Pengertian Chemical Peeling

Pengertian Chemical Peeling

Apa Itu Chemical Peeling ?

Chemical peeling merupakan jenis perawatan yang memiliki fungsi menghilangkan kerutan dan bekas luka pada kulit. Chemical peel menggunakan bahan kimia sebagai bagian dari proses pengelupasan lapisan atas kulit atau lapisan kulit mati. Sehingga nantinya kulit akan kembali tumbuh dan menghasilkan kulit yang lebih muda dan lebih halus. Beberapa bahan kimia yang digunakan pada proses ini disesuaikan dengan kedalaman lapisan kulit.

Chemical Peeling bisa digunakan untuk mengatasi :

  • Bekas jerawat dan pori-pori besar
  • Mengatasi penuaan pada kulit
  • Mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari
  • Menghaluskan dan memberikan efek segar pada kulit
  • Merangsang pertumbuhan sel-sel kulit dengan produksi kolagen

Tips Sebelum Melakukan Chemical Peeling

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Mengurangi penggunaan make up yang berlebihan
  • Jangan menggosok atau menggaruk kulit
  • Menggunakan produk yang banyak mengandung skin exfoliating, misal retinoid dan AHA minimal dua minggu sebelum melakukan proses chemical
  • Konsultasi dengan dokter mengenai efek samping

Proses Chemical Peeling

Proses ini biasanya dilakukan oleh dokter ahli. Pertama wajah akan dibersihkan dari segala jenis kotoran dan minyak lalu mengaplikasikan bahan kimia seperti glycolic acid, trichloroacetic acid, salycyd acid, lactic acid, atau carbolic acid (phenol).

Efek Samping Chemical Peeling

Chemical Peeling Ini memiliki efek samping setelahnya. Banyak orang yang merasakan kulitnya panas seperti terbakar atau gatal-gatal dan alergi. Inilah efek samping lain setelah melakukan Chemical Peeling :

Menimbulkan pedih dan nyeri, kulit menjadi kemerahan, mengalami pengelupasan secara tidak merata, menimbulkan alergi bagi kulit sensitif, menimbulkan gatal-gatal, menimbulkan pembengkakan sementara, kulit terasa terbakar dan panas, kulit  terasa di tarik, permukaan kulit menjadi tipis dan mudah terluka jika terkena goresan kuku atau ujung benda tumpul.

Cara-cara tersebut adalah proses memperbaiki tekstur kulit wajah seperti yang diinginkan. Cara diatas adalah cara instan, memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tapi anda tidak perlu khawatir masih banyak cara alami diluar sana yang prosesnya memang memakan waktu lama tetapi hasilnya permanen dan aman untuk kulit.

Baca Juga: Penyebab Koreng Sulit Hilang

By : www.tipssehatcantikalami.com | Pengertian Chemical Peeling

Pengertian Dermabrasi

Pengertian Dermabrasi,-  Kulit mulus cantik dan indah adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita pastinya. Dan seiring berkembangannya jaman perawatan kecantikan wajah semakin beragam. Salah satu perawatan wajah yang akan kita bahasa kali ini adalah dermabrasi. Dermabrasi merupakan salah satu istilah dalam kamus kecantikan. Dermabrasi ini merupakan sebuah metode yang kaitannya dengan bidang estetika pada kulit wajah.

Pengertian Dermabrasi

Dermabrasi adalah sebuah prosedur operasi kecil pada kulit wajah dengan teknik membentuk permukaan kulit sehingga lebih rata dan halus dengan metode membuang lapisan kulit paling atas. Dermabrasi ini biasanya dilakukan pada kulit wajah yang memiliki riwayat luka bakar, luka bekas jerawat, dan bahkan untuk mengurangi garis keriput. Metode ini biasanya digunakan pada wajah dengan riwayat luka yang tidak bisa hilang dengan metode peeling biasa. Dermabrasi juga bisa digunakan untuk menghilangkan keriput halus di sekitar mulut, lesi pre-kanker, bekas jerawat yang dalam, menghilangkan bekas cacar, menghilangkan bekas tato, flek di wajah atau wajah terbakar matahari yang kronis.

Proses Dermabrasi

 

Dermabrasi ini bisa dihitung dalam hitungan menit saja dan biasanya cukup satu kali saja kecuali bekas lukanya dalam. Anda hanya akan dibius lokal pada area yang akan dikerjakan atau anda dapat diminta sedasi (ditidurkan). Lalu dokter akan melakukan pengikisan permukaan kulit dengan alat khusus seperti sikat yang disebut dermabrator. Alat ini bergerak memutar dan mengikis lapisan kulit hingga mencapai lapisan yang diinginkan. Setelah operasi kulit akan terlihat memerah dan bengkak atau terasa gatal dan nyeri yang dapat menghilang dalam waktu 7-10 hari tetapi hal ini dapat dikurangi dengan obat-obatan.

Metode ini tidak akan memperlihatkan hasil secara langsung. Tetapi setelah prosedeur berlangsung kulit akan terasa “habis tersengat” atau terbakar selama beberapa hari. Dokter akan merekomendasikan obat untuk meringankan ketidaknyamanan yang akan dirasakan. Penyembuhan biasa terjadi dalam waktu 7-10 hari. Kulitakan memerah apda awalnya, secara bertahap akan berkembang menjadi normal. Dalam kebanyakan kasus kulit memerah akan pudar selama 6-8 minggu. Umumnya kebanyakan orang dapat melakukan kegiatan normal dalam 7 hingga 14 hari setelah dermabrasi. Sinar matahari pun perlu dihindari dan perlu menggunakan tabir surya ketika keluar rumah.

Efek Samping Dermabrasi

  • Perubahan warna kulit tidak merata (bisa sementara dan permanen)
  • Pembentukan bekas luka
  • Infeksi
  • Penggelapan kulit (bersifat sementara dan permanen). Ini karena paparan sinar matahari pada bulan-bulan setelah prosedur

Perbedaan Dermabrasi dan Mikrodermabrasi

Ada lagi istilah kecantikan lain yaitu mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi ini teknik untuk mengikis permukaan kulit paling luar, tentu lebih efektif dermabrasi. Hanya saja pengikisan dermabrasi memerlukan waktu lebih lama dan untuk sembuh memerlukan biaya cukup besar.

Dermabrasi akan mengeluarkan sel kulit baru yang lebih sehat menggantikan sel kulit yang sudah tua dan kurang sehat. Karena hanya dengan mempengaruhi lapisan luar kulit. Perawatan ini efektif untuk jenis bekas luka yang tidak terlalu dalam. Dermabrasi akan menghasilkan kulit halus yang dapat membuat percaya diri menjadi tinggi.

Baca Juga : Menghilangkan Bekas Cacar

By : www.tipssehatcantikalami.com | Pengertian Dermabrasi

Khasiat Apel Untuk Degenerasi Makula

Khasiat Apel Untuk Degenerasi Makula,- Apel adalah buah favorit masyarakat Indonesia yang memiliki rasa yang enak dan gizi yang banyak. Apel memiliki nama ilmiah ‘Malus Domestica’. Buah ini telah dibudidayakan sejak lama di seluruh Asia dan Eropa. Apel termasuk ke dalam beberapa buah yang paling bergizi dan sehat serta memiliki banyak manfaat. Apel berbagai macam jenisnya, ada apel merah, apel hijau dan apel-apel lainnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah apel ini. Buah Apel mengandung mineral, antioksidan, vitamin dan juga serat yang penting bagi tubuh.

Khasiat Apel Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi khasiat apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Inilah beberapa manfaat apel yang luar biasa bagi tubuh manusia :

  • Membantu kerja usus halus

Pencernaan tidak akan pernah lepas dari usus halus untuk memproses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi buah apel secara teratur untuk mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

  • Mengurangi Resiko Gangguan Pernafasan

Studi menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernafasan. Wanita hamil yang rutin mengkonsumsi apel pun mampu menekan gangguan pernafasan pada anak dalam kandugannya.

  • Menyehatkan Rongga Mulut dan Gigi

Apel pun sangat bermanfaat untuk kesehatan rongga mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya dapat merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Zat tanin yang ada di dalamnya pun dapat membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

  • Mengontrol Gula Darah

Apel sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat diabetes. Galaturonic acid disuplai untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin.

  • Mencegah dan Mengobati Kanker

Apel diketahui dapat menghambat sel kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar. Karena apel ini memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi resiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

  • Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau memiliki LDL tinggi bisa beralih ke buah apel. Serat larutnya ditemukan dalam buah apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Baik Untuk Pencernaan

Apel adalah buah yang kaya akan serat dan vitamin yang mudah dicerna oleh tubuh, untuk itu apel merupakan salah satu jenis buah yang sehat untuk pencernaan.

  • Mencegah Batu Empedu

Batu empedu dapat terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam emepdu dan cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya sendiri adalah memungkinkan anda terkena obesitas. Untuk mencegah batu empedu, disarankan untuk diet tinggi serat agar membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel adalah salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi dan baik untuk kesehatan.

Masih banyak khasiat apel lainnya seperti menjaga kesehatan otak, mencegah parkinson, mengatasi diare dan sembelit, detoksifikasi hati, mencegah katarak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, mencegah wasir dll. Bahkan apel pun dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan mata terutama pada degenerasi makula.

Khasiat Apel Untuk Degenerasi Makula

Khasiat Apel Untuk Degenerasi Makula

Anthocyanin apel meningkatkan sirkulasi darah ke mata dan membantu mata beroprasi secara optimal sementara juga membantu dengan bantuan dari kelelahan mata. Anthocyanin menetralisir radikal bebas dan kerusakan yang ditimbulkannya. Lalu apel pun dapat mencegah akumulasi kerusakan dan membantu mengurangi resiko berbagai kondisi kesehatan mata yang berbahaya. Apel pun mengandung nutrisi alami yaitu anthocyanin dan tanin. Kedua nutrisi inilah yang memiliki peranan agar mata tetap sehat. Dalam apel pun terdapat kandungan antosianin yang penting untuk kesehatan mata yang baik karena banyak gangguan mata seperti (Glaukoma, katarak dan degenerasi makula) yang disebabkan oleh atau diperburuk oleh melemahnya pembuluh darah, kerusakan kolagen, dan sirkulasi buruk ke mata. Tanin kuat akan sifat zat dan anti-inflamasi. Bahkan tanin yang berada dalam buah apel pun dapat membantu kesehatan mata secara keseluruhan dengan merangsang pembuluh darah yang meningkatkan sirkulasi ke mata. Apel akan membuat mata lebih kuat dan meningkatkan penglihatan pada degenerasi makula. Apel pun dapat mengobati rabun senja karena adanya senyawa flavonoid dan fitonutrien antioksidan, yang dapat mengurangi dampak radikal bebas pada mata, mencegah kondisi degenerasi makula, katarak dan glaukoma. Tidak hanya itu buah apel pun mengandung cukup banyak vitamin Adan C, yang dapat membantu mengobati kebutaan saat malam. Mereka pun memperkuat mata dan membantu mencegah penglihatan yang buruk. Seperti yang kita tahu vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk mata. Vitamin A fungsinya bervariasi. Retinol tidak hanya menciptakan pigmen di retina mata, tetapi juga memperbaik penglihatan terutama pada malam hari, dan kesehatan mata secara keseluruhan. Vitamin C dalam apel pun dapat membantu mencegah katarak sebanyak 70% dan terbukti mengurangi degenerasi makula dan tekanan mata pada masalah penderita glaukoma.

Konsumsi buah apel setiap hari, bisa langsung dikonsumsi setelah dicuci ataupun di jus akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salam Sehat !

Baca Juga : Khasiat Pepaya Untuk Degenerasi Makula

By : www.tipssehatcantikalami.com

Khasiat Apel Untuk Degenerasi Makula

Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder

Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder,- Tomat adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Tomat sering digunakan sebagai sayuran. Tomat bisa dikonsumsi dengan mengolahnya sebagai jus, bisa juga secara langsung ataupun dimasukan dalam makanan tumis-tumisan. Mengkonsumsi tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tomat kaya akan kandungan air sehingga dapat menggantikan cairan dalam tubuh. Kandungan nutrisi lain dalam tomat pun dapat sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Tomat

Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Buah tomat ini memiliki rasa manis, asam, sifatnya sedikit dingin. Komposisi di dalamnya mengandung lkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Ca, Mg, P, K, Na, Fe, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin. Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Klorin dan sulfur adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati dan penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat antibiotik. Daun mengandung pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid.

Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Dalam 1 buah tomat pun terkandung 22 kalori, 5 gram karbohidrat (1 gram serat, 3 gram gula dan 1 gram protein). Tomat pun kaya akan antioksidan alami yang meliputi asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta karoten, dan lutein. Kandungan asam lipoic dalam tomat dapat membantu mengontrol kadar gula darah karena asam lipoic juga dapat membantu peremajaan sel otak dan saraf sehingga baik untuk menjaga kesehatan otak.

Ada salah satu jenis antioksidan alami dalam tomat yaitu likopen, zat yang dapat membuat tomat menjadi berwarna merah. Kandungan likopen dalam tomat mampu memenuhi 80% kebutuhan likopen bagi tubuh perharinya. Antioksidan lain dalam tomat pun adalah kolin. Kolin memiliki peran untuk pertahanan struktur membran sel dan mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Khasiat Tomat

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah tomat, diantaranya adalah mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan dan juga kecantikan kulit, melancarkan proses pencernaan, mencegah stres, menjaga kehamilan. Tak terkecuali juga dapat menjaga kesehatan mata untuk penderita kelainan pada mata.

Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder

Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder

Tomat dapat mencegah gangguan penglihatan karena adanya kandungan vitamin A yang baik untuk mencegah gangguan mata yang berakibat pada menurunnya tingkat penglihatan. Berbagaia gangguan pada mata seperti mata minus, silinder, katarak, galukoma dan beberapa jenis penyakit lainnya dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi tomat. Vitamin A pada tomat pun dapat mencegah perkembangan penyakit Stargardt. Penyakit ini adalah jenis penyakit warisan mata yang menyebabkan kehilangan kemampuan penglihatan yang parah pada usia yang relatif muda.

Lagi-lagi kandungan vitamin A nya sangat penting untuk kesehatan mata. Selain wortel tomat bisa digunakan sebagai pengganti tetapi bagi anda yang tidak menyukai wortel. Vitamin A dalam tomat mencegah bakteri dan virus yang masuk ke permukaan mata, selaput lendir, dan juga kulit mata sehingga mata terhindar dari infeksi. Ternyata kita bisa mendapatkan manfaat lain dari tomat yaitu membuat mata agar tetap lembab. Mata yang terkena paparan debu akan membuat menjadi lebih cepat pedih dan kering. Keadaan ini membuat mata rentan mengalami gangguan. Tetapi jangan khawatir dengan adanya buah tomat bisa dijadikan solusi untuk pengobatan sindrom mata kering. Dalam tomat pun terdapat zat lutein dan xeanthin yang dimana sangat dibutuhkan oleh mata. Kedua zat ini ada di dalam buah tomat. Jika mengkonsumsi tomat secara teratur maka dapat memenuhi kebutuhan lutein dan xeanthin bagi mata. Kedua zat ini dapat membantu proses penyaringan cahaya, dan juga menghilangkan sinar cahaya biru yang berpotensi merusak jaringan mata serta dapat menekan resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia seseorang. Degenerasi makula adalah gangguan mata yang ditandai dengan kerusakan pada retina mata.

Baca Juga : Khasiat Bayam Untuk Mencegah Kebutaan

By : www.tipssehatcantikalami.com

Khasiat Tomat Untuk Mata Silinder

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mata Rabun Senja

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mata Rabun Senja,- Mata adalah indera penglihatan yang sangat penting, karena itu pentingnya menjaga dan memelihara juga memperhatikan kebersihan dan kesehatan mata. Mata adalah organ yang paling sensitif, jika mata terganggu maka akan terjadi penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah bisa juga lebih parah menjadi katarak, glaukoma, dan infeksi. Menurunnya fungsi penglihatan rabun jauh merupakan jenis kelainan mata yang mengakibatkan penderitanya dapat melihat objek dari jarak jauh dengan sempurna tetapi pandangan menjadi kabur jika objeknya itu dari jarak dekat. Rabun dekat disini adalah mata plus atau hipermetropia. Rabun jauh adalah keadaan dimana sinar-sinar sejajar yang masuk ke bola mata dengan tanpa ada pengaruh akomodasi, titik fokusnya jatuh di belakang retina. Hipermetropia adalah permasalahan pandangan yang lebih karena berkurangnya kemampuan otot dan saraf mata. Berbeda dengan rabun senja, rabun senja adalah kondisi mata yang memburam di malam hari atau sulit melihat cahaya saat malam. Ini adalah kondisi ketika sel-sel dalam retina (organ mata yang membantu anda melihat gelap) mengalami gangguan. Rabun senja bukanlah penyakit tetapi gangguan kesehatan pada mata.

Tahukah anda bahwa rabun senja dapat diatasi secara alami ?

Mengatasi rabun senja bisa juga dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis ini diolah terlebih dahulu untuk dijadikan pengobatan rabun senja dan rabun dekat. Jeruk nipis termasuk salah satu jenis citruk jeruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Jeruk nipis dapat bermanfaat bagi kecantikan dan juga kesehatan. Penyakit yang dapat diobati oleh jeruk nipis adalah amandel, malaria, ambeien, sesak nafas, influenza, batuk, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mulas saat haid, disentri, perut mual, lelah, bau badan, mata rabun dan keriput di wajah.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mata Rabun Senja

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mata Rabun Senja

Ramuan jeruk nipis ini cara membuatnya adalah dengan menjemur terlebih dahulu biji jeruk nipisnya, kemudian digiling hingga menjadi halus. Setelah itu beri satu sendok makan bubuk biji jeruk nipis yang kemudian diseduh dalam satu gelas air panas. Agar lebih terasa manis, air seduhan dari biji jeruk nipis ini ditambahkan madu. Ramuan ini dapat mengurangi rabun senja yang anda derita. Untuk membantu membersihkan mata bisa juga menggunakan obat pembersih mata alami seperti bunga melati. Cara membuatnya dengan merendam bunga melati kurang lebih selama satu malam. Kemudian air rendamannya digunakan untuk merimbang mata. Lakukan pengobatan ini untuk sekali sehari saja. Daun Melati inipun khasiatnya bisa untuk mata minus.

Kandungan Jeruk Nipis

Kandungan Kimia : Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang sangat bermanfaat. Misalnya limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asani sitrat. 100 gram buah jeruk nipis mengandung: – vitamin C 27 miligram, – kalsium 40 miligram, – fosfor 22 miligram, – hidrat arang 12,4 gram, – vitamin B 1 0,04 miligram, – zat besi 0,6 miligram, – lemak 0,1 gram, – kalori 37 gram, – protein 0,8 gram dan – air 86 gram. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Jeruk nipis ini mengandung flavonoid dan bertindak sebagai antioksidan kuat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas dan melindungi sel-sel sehat

Khasiat Jeruk Nipis Lainnya

  • Jeruk nipis dapat membantu memperlancar pencernaan
  • Jeruk nipis dapat membantu penyerapan tubuh dari gula gula ke aliran darah bagi penderita diabetes
  • Jeruk nipis baik untuk penderita jantung dan dapat mengurangi peradangan pembuluh darah
  • Jeruk nipis dapat mengatasi gangguan pernafasan
  • Jeruk nipis dapat mencegah radang sendi
  • Dapat mengobati demam
  • Dapat mengatasi gangguan kemih

Itulah artikel mengenai khasiat dari jeruk nipis, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata anda dengan rajin mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Salam Sehat !

Baca Juga : Khasiat Daun Peterseli Untuk Mata Katarak

By : www.tipssehatcantikalami.com

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mata Rabun Senja