Ciri Ciri Penyakit Batu Empedu

Ciri Ciri Penyakit Batu Empedu – Batu empedu merupakan batuan kecil yang terbentuk karena kolesterol dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada kasus-kasus batu empedu, kondisi ini tidak menimbulkan gejala apapun. Tetapi kadang batu ini bisa menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat. Nyeri ini disebut juga dengan nyeri kolik, dan bisa bertahan selama hitungan jam.

BATU EMPEDU awalnya terbentuk karena kolesterol dan biasanya tidak menentukan gejala tertentu. Pada kondisi yang sudah buruk seperti saat batu empedu menghambat saluran empedu maka bisa menyebabkan gejala seperti :

  1. Detak Jantung Semakin Cepat

Salah satu gejala yang paling sering diremehkan oleh penderita batu empedu kronis adalah detang jantung yang kian cepat. Detak jantung cepat ini terjadi karena jantung mengikuti metabolisme tubuh. Tubuh yang kekurangan oksigen bisa mendorong jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah. Kondisinya pun bisa lebih buruk untuk penderita kelaiann jantung.

   2. Warna Tinja dan Urin Lebih Gelap

Cairan empedu yang dihasilkan oleh empedu ini memiliki fungsi yang bagus untuk membantu sistem pencernaan. Ketika ada batu empedu menghambat saluran kerja empedu maka sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan maksimal, karena itu tinja sering menjadi lebih gelap dan kurang normal.

   3. Depresi/Bingung

Penderita batu empedu pun bisa merasa depresi dan juga sangat bingung. Kondisi ini ada hubungannya dengan kondisi tubuh yang sulit menerima nutrisi dari makan dan juga gangguan pencernaan yang membuat rasa sakit menjadi buruk.

  4. Nyeri Perut/Kolik Bilier

Penderita batu empedu juga akan merasakan sakit perut secara tiba-tiba atau berlangsung paling lama 5 jam, terbayang jika kondisi ini menimpa anda. Kondisi sakit perut ini berbeda dengan penyakit yang sering menyerang perut seperti maag, perut kembung, diare dll. Rasa nyeri ciri ciri penderita batu empedu adalah terasa nyeri di bagian perut atas lalu menyebar hingga kebagina kanan dan tengah. Beberapa penderita merasa sakit perut yang buruk dan menyebar hingga ke punggung juga dada.

   5. Penyakit Kuning

Penderita batu empedu pun umumnya terkena penyakit kuning yang ditandai dengan kulit dan bagian mata yang mulai menguning. Gejala ini termasuk gejala batu empedu dan paling sering terjadi sehingga mudah dikenali.

   6. Demam

Demam juga bisa menjadi salah satu ciri ciri terkena batu empedu.

   7. Nyeri Setelah Konsumsi Makanan Berminyak

Rasa nyeri bisa terus menyerang dari bagian perut hingga tulang belikat dan semakin terasa setelah konsumsi makanan berminyak. Bahkan konsumsi semua jenis makanan mengandung lemak juga bisa menyebabkan sakit yan parah. Ini karena lemak menghambat keluarnya cairan empedu dari kantung empedu.

   8. Sakit Saat Bernafas

Ketika penderita batu empedu telah masuk ke tahap yang parah, maka perut akan terasa sakit ketika bernafas.

  9. Angin Duduk (Angina)

Saat sesak nafas telah terjadi maka penderita batu empedu bisa merasakan angina atau sakit dada yang parah.

 10. Kram Perut

Penderita batu empeu pun tidak menyadari kondisi batu empedu hingga dilakukan pemeriksaan. Ini karena batu empedu sering menyebabkan rasa sakit kemudian hilang.

 11. Terasa Sangat Kenyang

Kram perut dan nyeri perut bisa terjadi pada penderita batu empedu dan ini akan menyebabkan rasa yang sangat menyiksa. Tetapi kondisi ini juga bisa menyebabkan penurunan nafsu makan yang drastis.

 12. Diare Kronis dan Gas Berlebih

Penderita batu empedu bisa mengalami diare yang parah atau sering buang air besar dengan karakter ninja yang encer.

  13. Sering Gemetar

Penderita batu empedu akan sering merasa gemetar dan kondisi gerakan tubuh yang sulit dikendalikan. Jika telah kronis hal ini bisa menyebabkan kondisi komplikasi dan pencernaan yang buruk serta kurang nutrisi juga keseimbangan tubuh yang memburuk.

Baca Juga :

By Obat Hidrosefalus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *