7 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

7 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan reproduksi adalah kondisi yang harus terus dijaga. Jika kesehatan reproduksi terjaga maka proses reproduksi akan berjalan normal. Jadi bisa dikatakan bahwa kesehatan alat reproduksi tidak hanya menyatakan suatu kondisi yang bebas penyakit, tetapi juga menandakan bahwa seseorang memiliki kehidupan seksual yang aman dan juga memuaskan.

Sistem reproduksi wanita adalah bagian yang mudah terinfeksi penyakit serta mengalami luka. Karena itulah menjaga kesehatan organ wanita adalah tanggung jawab yang besar untuk menjaga alat reproduksi tetap dalam kondisi yang sehat dan bebas penyakit.

Anda sebagai wanita harus pintar dan rajin menjaga kesehatan alat reproduksi anda sehingga berbagai macam penyakit bisa dicegah. Inilah beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita :

  • Bersihkan Vagina Luar Setelah Buang Air

Hal ini sangat sederhana, untuk menjaga kebersihan alat reproduksi wanita anda perlu membersihkan area vagina luar setelah buang air kecil atau buang air besar. Gunakan air untuk membasuh area tersebut agar kuman-kuman yang berasal dari kotoran atau air kencing tidak masuk ke alat reproduksi.

  • Sering Mengganti Pembalut Saat Haid

Darah adalah media yang paling efektif sebagai tempat pembuangan kuman. Oleh karena itu ketika sedang haid usahakan agar anda selalu mengganti pembalut setidaknya 4 jam sekali. Cara ini untuk mencegah berkembangnya kuman di pembalut yang telah terkena darah haid sehingga kuman tidak masuk ke area reproduksi.

  • Bersihkan Kelamin Sebelum dan Sesudah Berhubungan Intim

Bagi anda pasangan suami istri, anda perlu mulai untuk menjaga dan membersihkan alat kelamin anda sebelum dan sesudah berhubungan intim. Gunakan air untuk menjamin kebersihan saat berhubungan intim. Jika bisa, usahakan untuk buang air kecil setengah jam sebelum melakukan hubungan intim.

  • Ganti Celana Dalam Setiap Hari

Agar kebersihan organ reproduksi tetap terjaga dan mencegah berkembangnya kuman, anda perlu mengganti celana dalam setidaknya 2 kali sehari. Intensitas mengganti celana dalam ini harus lebih sering apalagi jika anda mengalami keputihan. Gunakanlah selalu panty liner untuk mencegah keputihan menempel di celana dalam sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

  • Jaga Kebersihan Alat Cukur

Jika anda memimilki kebiasaan mencukur rambut pada kemaluan, pastikan pencukur yang digunakan sudah benar dan bersih. Penggunaan alat cukur yang benar dan juga tidak higienis bisa menyebabkan infeksi bahkan terkadang bisa menyebabkan bisul.

  • Hindari Sering Berlatih Douching

Douching adalah kebiasaan memasukan jari agar terjadi proses ejakulasi dan bisa menyebabkan iritasi kulit. Hal ini juga bisa menyebabkan kondisi alat reproduksi menjadi tidak sehat jika jari dalam keadaan tidak bersih.

  • Pola Hidup Sehat

Lagi-lagi, pola hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh termasuk organ reproduksi. Jaga berat badan dalam kondisi ideal. Tubuh dengan berat badan yang lebih biasanya memiliki masalah siklus menstruasi. Sementara itu tubuh kurus biasanya produksi hormon estrogennya terhambat.

Baca juga : Cara Mengempeskan Benjolan Di Tangan Sebelah Kanan

By Obat Hidrosefalus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *